Cara Membuat Tanggal dengan Menggunakan Android Studio

Tanggal atau Date memang sudah ada atau menjadi aplikasi bawaan untuk semua Handphone tapi untuk membuat aplikasi ini caranya juga cukup mudah.

Langkah Langkah membuat aplikasi Date pada Android Studio Adalah :

1. Buat New project seperti biasa, perhatikan gambar di bawah ini dan akuti alur pembuatan new projek, masih sama dengan cara cara pembuatan aplikasi lainnya.


2. Selanjutnya jika pembuatan projek sudah selesai, maka hal selanjutnya yang dilakukan adalah merancang tampilan aplikasi Date, dalam hal ini kita menggunakan Pallete untuk komponen nya,

Untuk komponen pertama adalah Date Picker, perhatikan gambar berikut, lalu ubah Id agar mudah dalam pengodingan.


3. Langkah selanjutnya adalah memasukan komponen lain yaitu Button, Button ini berguna untuk mengganti tangal yang diselect oleh user.

Perhatikan gambar di bawah ini, jangan lupa mengganti ID komponen Button nya :


4. Setelah semua komponen dan Id dimasukan, langkah selanjutnya adalah memasukan kodingan untuk menjalan kan komponen yang dimasukan pada file XML, adapun baris kodingan yang dimasukan adalah sebagai berikut :


Jika semua komponen dan kodingan telah selesai, maka langkah selanjutnya adalah Running aplikasi yang di buat, dalam hal ini saya menggunakan Genymotion sebagai emulator, hasil Running adalah sebagai berikut :

Tampilan Awal :


Jika ingin mengganti tanggal, maka pilih tanggal yang diinginkan lalu klik pada Button untuk menganti tanggal, perhatikan gambar berikut :


Begitulah cara membuat aplikasi Tanggal atau Date menggunakan Andoid Studio, semoga bermanfaat :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Jam Digital dengan Menggunakan Android Studio

Cara Membuat Aplikasi Diskon dengan Android Studio