Cara Membuat Aplikasi Konversi Suhu Menggunakan Android Studio

Konversi suhu adalah salah satu pelajaran fisika yang lumayan buat bete, karena jenis suhu ada 4 yaitu Celcius, Reamur, Fahrenheit dan Kelvin, serta masing masing suhu mempunyai aturan tersendiri dalam pengkonversian suhu nya, tetapi dengan aplikasi, kita hanya perlu memasukan besar suhu celcius dan secara otomatis akan dikonversi langsung dengan syarat kita harus memasukan rumus konversi suhu dalm kodingnya.

Langsung saja pada langkah langkah membuat aplikasi Konversi suhu, 

1. Langkah pertama adalah membuat project baru, yaitu dengan new project dengan langkah langkah biasa, perhatikan gambar dibawah ini.


2. Langkah kedua yang dilakukan adalah membuat desain yang digunakan untuk aplikasi,

Gunakan Komponen edit text untuk memasukan besar suhu celcius, perhatikan gambar dibawah ini dan jangan lupa ganti Id dari edit text tersbut : 


Selanjutnya masukan Edit text untuk suhu Kelvin, jangan lupa untuk mengganti Id nya, perhatikan gambar dibawah ini :


Lakukan hal yang sama untuk Fahrenheit dan Reamur.

Komponen terakhir adalah Button, Button berguna sebagai alat untuk perhitungan konversi suhu, perhatikan gambar dibawah ini dan jangan lupa ganti Id komponen nya.


3. Langkah selanjutnya adalah memasukan koding untuk menjalan kan aplikasi, adapaun baris koding yang digunakan sebagai berikut : 


Langkah terakhir adalah Running Aplikasi dengan mengunakan Emulator, disini saya menggunakan Genymotion sebagai emulator, 

Tampilan awal aplikasi :


Tampilan setealah memasukan besar suhu :


Sekian torialnya, semoga bermanfaat :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Jam Digital dengan Menggunakan Android Studio

Cara Membuat Tanggal dengan Menggunakan Android Studio

Cara Membuat Aplikasi Diskon dengan Android Studio