Cara Membuat Aplikasi Diskon dengan Android Studio

Menurut saya aplikasi ini sangat penting untuk dimiliki, alasannya adalah selain mudah dalam perhitungan Diskon barang juga menghemat waktu, kita tidak perlu membuka Kalkulator untuk menhitung harga barang setelah di diskon, dengan aplikasi ini kita cukup menginputkan harga barang dan diskon barang tersebut untuk melihat harga akhir.

Langsung saja ke langkah langkah membuat aplikasi Diskon :

1. Langkah pertama adalah membuat Project baru, seperti biasa langkah langkahnya :


2. Setelah projek baru selesai, maka lanjut membuat desain aplikasi diskon, komponen yang digunakan adalah edit Text untuk memasukan harga barang dan besar diskon.

Masukan komponen edit text untuk penginputan harga barang, jangan lupa untuk mengganti Id komponen tersebut, perhatikan gambar berikut :


Masukan juga Edit text sebagai tempat untuk penginputan besar diskon, jangan lupa mengganti Id untuk Edit text besar diskon, perhatikan gambar berikut :



langkah terakhir pada desain adalah memasukan Text View untuk melihat perhitungan Harga setelah di diskon, pertahikan gambar dengan kotak warna kuning berikut :


3. Langkah selanjutnya adalah memasukan Button sebagai alat untuk menghitung diskon, perhatikan gambar dibawah ini dan jangan lupa untuk mengganti ID komponen nya.


4. Langkah selanjutnya adalah memasukan koding untuk menjalan kan file XML yang dibuat, adapun baris koding adalah sebagai berikut :


Langkah terakhir adalah Running aplikasi dengan Emulator, disini saya menggunakan Genymotion sebagai emulator,

Tampilan awal Running aplikasi :



Tampilan aplikasi untuk perhitungan harga barang yang dikenai diskon :


Sekian tutorial tentang aplikasi diskon, semoga bermanfaat :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Jam Digital dengan Menggunakan Android Studio

Cara Membuat Tanggal dengan Menggunakan Android Studio