Tutorial membuat tampilan aplikasi sederhana dengan Android Studio Menggunakan Emulator Genymotion

 

Langkah pertama untuk membuat projek adalah dengan memilih menu file – new – new project, maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini. Setelah itu masukan nama aplikasi yang akan dibuat, misalnya : testt dan pilih Next untuk melanjutkan.


Pilih jenis android yang diinginkan, misalnya seperti contoh “ Ice Cream Sandwich “ lalu plih Next untuk melanjutkan.


Pilih jenis halaman aplikasi yang diinginkan (seperti contoh : Empty Activity) dan klik Next untuk melanjutkan.


Ini adalah halaman untuk mengganti nama main, seperti contoh tidak perlu mengganti nama main lagi, cukup klik Finish untuk melanjutkan.


Setelah project dibuat, maka android studio akan memproses project, tunggu beberapa saat sampai proses selesai.


Berikut adalah tampilan awal project, terdapat dua file yaitu file MainActivity.java dan file activity main, file MainActivity.java adalah file kodingan dengan bahasa java untuk mengedit tampilan aplikasi dengan bahasa java.


Untuk lebih mudah membuat laman aplikasi, kita juga bisa menggunakan file activity_main.java dimana kita bias langsung memasukan palette sesuai dengan keinginan. Seperti contoh kita akan menggunakan palette TextView untuk mengetikan identitas mahasiswa.

   Cara untuk mengoperasikan TextView adalah dengan menyeret palette tersebut ke jendela aplikasi dan mengetikan teks yang di inginkan. Teks bisa di ganti pada jendela properties yang berada di sebelah kanan, ketikan teks anda dikolom text.




     Setelah semua text yang dinginkan selesai, langkah selanjutnya adalah running aplikasi di emulator, seperti contoh, emulator yang digunakan adalah genymotion,  pilih icon run yang dilingkari warna biru.





    Halaman ini adalah pilihan untuk memilih jenis virtual emulator yang di inginkan, seperti contoh saya telah menginstal virtual Nexus 5 API 24. Klik OK untuk melanjutkan.


Tunggu beberapa saat dan inilah hasil aplikasi yang di tampilkan di emulator genymotion.


Langkah terakhir adalah menyimpan file aplikasi yang dibuat, caranya dengan klik icon save yang di lingkari warna biru.



Itulah cara membuat aplikasi sederhana dengan Android Studio Menggunakan Emulator Genymotion, selamat mencoba den semoga bermanfaat J

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Jam Digital dengan Menggunakan Android Studio

Cara Membuat Tanggal dengan Menggunakan Android Studio

Cara Membuat Aplikasi Diskon dengan Android Studio